PERGURUAN SENI ILMU BELADIRI KUNG FU IKS.PI. KERA SAKTI

Diposting oleh Riopasker pada 12:33, 14-Mar-11

Di: Ke - IKS-an



Kung Fu IKS.PI. Kera Sakti

PERGURUAN SENI ILMU BELADIRI KUNG FU IKS.PI. KERA SAKTI

Perguruan Seni Ilmu Beladiri Kung Fu IKS.PI. KeraSakti Merupakan kombinasi dari seni ilmu beladiri kungfu dataran Tiongkok Cina dengan pengembangan teknik ilmu beladiri yang dilakukan oleh pendiri sekaligus Guru Besar perguruan ini dan juga dengan penambahan teknik seni pernafasan ilmu tenaga dalam sebagai pelengkap dalam pelajaran perguruan.
Perguruan Seni Ilmu Beladiri Kung Fu IKS.PI. KeraSakti berdiri pada tanggal 15 Januari 1980 di Jl. Merpati No. 45, Kel. Nambangan Lor, Kec Mangunharjo, Kodya Madiun. Adapun nama dari perguruan ini semula adalah IKS.PI. yang artinya adalah Ikatan Keluarga Silat " Putera Indonesia " tetapi ketika perguruan mulai berkembang diberinama tambahan " Kera Sakti " dibelakangnya, sebab masyarakat maupun murid murid perguruan lebih mengenal nama jurus perguruanyaitu teknik jurus keranya daripada nama asli perguruan.
Untuk itu selanjutnya dalam memudahkan pencarian identitas perguruan sekaligus secara tidak langsung menambah wibawa nama perguruan maka disebutlah IKS.PI.Kera Sakti .
Sebagai pendiri pertama sekaligus sebagai gurubesar dari perguruan ini adalah Bapak R Totong Kiemdarto yang lahir pada tanggal 20 Oktober 1953 di Madiun.
Oleh guru besar diajarkan pelajaran silat monyet dan kerohanian untuk memantapkan fisik dan iman dari siswa dan siswiyang selaras dengan tujuan pembangunan nasional yaitu memujudkan manusia Indonesia seutuhnya, yang sehat lahir maupun batin dan berjiwa PANCASILA.
Pada mulanya perguruan ini hanya dikenal dilingkungan masyarakat desa Nambangan Lor saja tetapi pada sekitar tahun 1983 beberapa murid angkatan I dan II mulai mengembangkan ajaran perguruan dibeberapa tempat, yaitu SMAN 3 Madiun, Lanuma Iswahyudi dan Dempel.
Baru kemudian menyusul berkembang ditempat lain tidak saja diwilayah eks Karesidenan Madiun tetapi juga diluar bahkan sampai keluar pulau Jawa.
Didalam metode latihan perguruan ini, terdapat 5 tahapan penting untuk mencapai tingkatan tertinggi dari Perguruan Seni Ilmu Beladiri Kung Fu IKS.PI. Kera Sakti ,
yaitu :
1. Tingkat dasar I sabuk hitam dengan lama latihan 6 bulan.
2. Tingkat dasar II sabuk kuning dengan lama latihan 6 bulan.
3. Warga tingkat I sabuk biru dengan lama latihan 1 tahun.
4. Warga tingkat II sabuk merah.
5. Warga tingkat III sabuk merah strip emas.

I. Materi Latihan Tingkatan Dasar I Sabuk Hitam Untuk latihan awal siswa tingkatan dasar I harus melewati 3 tahapan penting didalam latihan,
yaitu :
1. Tingkatan awal, yaitu materi latihan dimana siswa mulai mempelajari gerakan dasar perguruan.
2. Tingkatan menengah, yaitu materi latihan dimana siswa mulai mempelajari gerakan lanjutan.
3. Tingkatan akhir, yaitu materi latihan dimana siswa akan diuji untuk melanjutkan ke tingkatan dasar II.
Adapun materi yang diberikan adalah :
- Teknik Senam Pelemasan dan Yoga
- Teknik Dasar Pukulan dan Tendangan
8 teknik dasar pukulan
5 teknik dasar tendangan
3 teknik dasar tangkisan
3 teknik dasar kelitan
- Teknik Dasar Pernafasan
3 teknik dasar pernafasan Chi Kung
- Teknik Dasar Pengembangan Jurus teknik dasar jurus kuda kuda Bhesi
3 teknik dasar jurus pengembangan Way Jien
3 teknik dasar jurus kombinasi Toan Ta
3 teknik dasar jurus bantingan San So

II. Materi Latihan Tingkatan Dasar II Sabuk Kuning Untuk latihan awal siswa tingkatan dasar II harusmelewati 3 tahapan penting didalam latihan,
yaitu :
1. Tingkatan awal, yaitu materi latihan dimana siswa mulai mempelajari gerakan dasar lanjutanperguruan.
2. Tingkatan menengah, yaitu materi latihan dimana siswa mulai mempelajari gerakan lanjutan.
3. Tingkatan akhir, yaitu materi latihan dimana siswa akan diuji untuk melanjutkan ke warga tingkat I.
Adapun materi yang diberikan adalah :
- Teknik Senam Pelemasan dan Yoga
- Teknik Dasar Pukulan dan Tendangan
8 teknik dasar tendangan
- Teknik Dasar Penafasan
2 teknik dasar pernafasan Chi Kung
- Teknik Dasar Pengembangan Jurus
2 teknik dasar jurus pengembangan Way Jien 2 teknik dasar jurus pengembangan toya
2 teknik dasar jurus kombinasi Toan Ta
3 teknik dasar jurus bantingan San So

III. Materi Latihan Warga Tingkat I Sabuk Biru Untuk latihan awal warga tingkat I harus melewati 3 tahapan penting didalam latihan, yaitu :
1. Tingkatan awal, yaitu materi latihan dimana siswa mulai mempelajari gerakan perguruan yang lebih rumit.
2. Tingkatan menengah, yaitu materi latihan dimana siswa mulai mempelajari gerakan kombinasi.
3. Tingkatan akhir, yaitu materi latihan dimana siswa akan diuji untuk melanjutkan ke warga tingkat II.
Adapun materi yang diberikan adalah :
- Teknik Senam Pelemasan dan Yoga
- Teknik Dasar Pukulan dan Tendangan
5 teknik pukulan kombinasi lanjutan
5 teknik tendangan kombinasi lanjutan
- Teknik Dasar Penafasan 1 teknik dasar pernafasan Chi Kung
- Teknik Dasar Pengembangan Jurus
5 teknik dasar jurus pengembangan Way Jien 2 teknik dasar jurus kombinasi double stick teknik pernafasan tenaga dalam

IV. Materi Latihan Warga Tingkat II Sabuk Merah Untuk latihan bagi warga tingkat II lebih banyak mengacu kepada pengembangan, kecepatan danrefleksitas gerakan jurus maupun kombinasi namun kami meminta maaf karena materi yang diberikan tidak dapat kami sampaikan melalui media ini.
V. Materi Latihan Warga Tingkat III Sabuk MerahStrip Emas Untuk latihan bagi warga tingkat III lebih banyak mengacu kepada pemantapan dari pengembangan, kecepatan dan refleksitas gerakan jurus maupun kombinasi namun kami meminta maaf karena materi yang diberikan tidak dapat kami sampaikan melalui media ini.
Bagi siswa siswi perguruan ataupun masyarakat luas yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Perguruan Seni Ilmu Beladiri Kung Fu IKS.PI. KeraSakti dapat mengunjungi situs resmi IKS P.I KS PUSAT di:
www.ikspikspusat.com
Salam kompak selalu buat semua warga IKS di seluruh nusantara, kususnya untuk warga IKS di Merangi - Jambi.
Wassalam...
By. Rio Pasker/pacebook

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

43 tanggapan untuk "PERGURUAN SENI ILMU BELADIRI KUNG FU IKS.PI. KERA SAKTI"

Kere Dewe pada 17:47, 14-Mar-11

Jien so...
Bgus infonya bozz....
Bikan info yg lbih banyk lg yg akurat yow....

Gepeng pasker tegal pada 17:52, 14-Mar-11

Salam pasker...
Thks infonya bro...
Mhon ksih pnjlasan dtail ajaran umum utk tgkt 2 bro...

Bogel iks merangin kae loh pada 00:20, 17-Mar-11

Iluk bos,,,

agus widodo pada 18:42, 07-Mei-11

kalau cabang dijakarta adj gak aku dulu pernah belajar sekarang ingin memperdalam .salam jien sho.makasi infonya kawan

Hery pada 14:10, 06-Jun-11

Jinsoo

dwie pada 13:59, 02-Agu-11

bs minta contoh gerakan dasar g nih,.,.

Noroyono begal pada 16:42, 20-Sep-11

Lambang" d smping mbh totong itu perguruan mna kak. .tlong info.a

poni min pada 03:18, 07-Nov-11

perlu seluruh keluarga besar iks.pi penyamaan jurus lwt buku pedoman

astri pada 08:23, 14-Nov-11

ada tutorial cara gerakannya ga nih ?? kalo ada mau dong ..

rio pasker pada 10:28, 14-Nov-11

Slm jhien So buat smuanya...

buat dwie ; klo buat tutorial ada sih,tp brbntuk CD brdurasi panjang,gmna ea,, mw di posting uga ribet ne..

buat noroyono;
itu cuma bigroun seni ala temen2 pasker aja,bukan bigroun prguruan lain,dan jg bukan bigroun resmi padepokan

buat Mas Poni min;
Alhamdulillah buat yg di jambi udah dapat buku pedoman yg terahir dari pusat mas

buat astri;
Mgk gak bisa di berikan disini, klo mau cari aja prguruan kami di daerah anda.

Yanu pada 18:41, 03-Des-11

jien shoo,pasker tuban hadir smile

yuda pada 06:42, 13-Des-11

di sini di ktakan klo lthan ikspi tuh berbulan-bulan,tpi kenyataannya di daerahku cuman 1 bulan ja,stelah tuh langsung di sahkan

yuda pada 06:42, 13-Des-11

di sini di ktakan klo lthan ikspi tuh berbulan-bulan,tpi kenyataannya di daerahku cuman 1 bulan ja,stelah tuh langsung di sahkan,,,mohon penjelasannya

dimas pada 12:08, 17-Des-11

mau numpang tanya mas kalo pusat di jambi di mana ya maaf juga saya bukan warga iks dulu penah jd siswa tp cuman sebentar tp yang mengajar sudah malas dan sekarang pengen ikut latihan tp di jambi saya blum tau di mnan. Saya dari lamongan jawa timur?

Riopasker pada 10:03, 19-Des-11

Saudara Yahu mksh banyk atas kunjungannya,

slm jhin shoo jg deh..

Riopasker pada 10:10, 19-Des-11

Buat mas Yuda ;
emang yuda di daerah mana dan status yuda warga IKS bukan?
kmungkinan pengurus/pelatihnya yg menerapkan peraturan yg salah,atau mungkin ada alasan trtentu yg sudah di setujui antara cabang disitu dg pengurus pusat,gak ada yg namanya latihan di IKS 1bln d sahkan mas,kcuali latihan privat,itu ada praturanya juga.

Riopasker pada 10:20, 19-Des-11

Dimas ;
Anda jambinya dimana?
di jambi cabangnya bnyak,hampir di setiap kabupaten ada cabangnya, utk lebih jelasnya silahkan masuk di situs resmi IKS PI KERA SAKTI terus masuk di daftar cabang,smua daftar cabang sluruh indonesia tertulis disitu.
alamat situsnya di: www.ikspikspusat.com

mksh..

dimas pada 17:25, 22-Des-11

saya di jambi the hok mas kecamatan the hok dekat bandara oh iya mas maaf mas ini di mana ea sya di jambi blum pernah nemuin tempat latihan ikspi

rahmat iks lampung pada 23:18, 09-Mar-12

salam jiensho wat semua pasker sejagad raya

habib_pasker_jombang pada 13:26, 13-Mar-12

buat nuroyo begal ; yang palin kri tuh lambangnya tuh PPKS[ putra pertiwi kera sakti ]
terus yang kanan IKSPIKS[ikatan keluarga silat putra indonesia kera sakti] lalu fotonya ALMRHM RM TOTONG KIEMDARTO lalu lambangnya ikspp [ikatan keluarga silat pro patria] lalu di susul lambangnya LBD WONOROSETO

agoes kampret pada 04:42, 21-Mar-12

jhin show saya warga angkatan 66

Azraf pada 19:37, 26-Apr-12

"mksh ats smua infonya...... By:pasker KALTENG_99

Abdi bayu pada 13:52, 18-Jun-12

Jen so...
Hadir bos,,
By Pasker Palangkaraya...

CAH PASKER CAB.KARANGANYAR,SOLO pada 09:48, 25-Jul-12

SALAM JIN SHOO UNTUK PARA PASKER DAN PENGURUSNYA.TRIMA KASIH

kiki pada 09:21, 06-Agu-12

thx infonya salam pasker
jin soo

pasker gresik

alex pada 15:12, 07-Agu-12

JIEN SHO.
PASKER TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA HADIR

Endar cah belizz pada 13:09, 16-Agu-12

Absen bos....
Salam prsaudaraan buat pasker dimana aja brada...
JHIEN SHO.......
MATUR NUHUN....

aji pada 09:58, 29-Sep-12

jien shoo kakak platih...bgus sekali brita'a...syip..

Antono pada 07:17, 21-Okt-12

saya kirimi alamat cabang Tuban Jatim dan no hpnya?????

Antono pada 07:19, 21-Okt-12

Saya kirimi alamat cabang Tuban JATIM dan No hpnya???






yulian pada 07:05, 13-Mar-13

gimna cara kehadiran biar masuk isi dalam ini

Nico cb. pada 10:49, 29-Mar-13

Thanx juga atas infonya mas. Salam jienshooo...

rizky pada 06:14, 13-Apr-13

numpang tanyak kenapa ya saya kalau habis lthan kok terasa agak sakit

Luis pada 01:00, 15-Apr-13

salam pasker

prasetiyo pada 16:44, 27-Apr-13

jhin shoo
salam buat semua anggota kera sakti

restu angkerz pada 11:50, 16-Jun-13

jien sho lur..
pasker jombang..pengesahan angkatan 106 nti kta nya mau di undur ya??
itu udh positif di undur tgl 6 juli kah???

dwi ks pada 22:42, 02-Agu-13

@naryono, itu background dari kri 1. Putra pertiwi kera sakti,pcahan iks.pi buatan semarang
2.iks.pi, asli dr pak totong
3.iks pro patria, bukan pcahan dan beraliran kungfu harimau
4.lbd wanoro seto,pcahan iks. Made in surabaya

arif pada 20:35, 17-Okt-13

emang ikspi pecah jd brapa_?kuk d situ ada made in sby ,semarang kungfu harimau,iks p.totong sendiri?tlg dong penjelesannya!?kalo mungkin pertanyaan saya mengganggu bsa kirim aja e email sayaq
prayoga.jin@gmail.com

Ikbal pada 13:07, 14-Nov-13

Jin sho ,, Pasker dari Madiun ,, masih atas pemberiatahuan'nya

Andre PASKER Jinshoo pada 02:22, 13-Jan-14

Bang salam PASKER
BANG KALAU BLEH GUA MINTA NO HP NYA ?? SALAM PASKER

Jinshoo

Faris pada 06:12, 28-Peb-14

Saya Faris Dari Pasker Kediri

arti dari Ngalah ngaleh ngamuk itu apaa

nurkholis pada 08:14, 13-Apr-14

bisa minta contoh sertifikat sabuk kuning gak balas keemailku

Iyan pada 09:17, 21-Okt-14

Tolong bagi turitorial yg berbentuk cd/kaset yg anda punya donk gan..
Jien sho

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar